Rabu, 22 Januari 2014

SEJARAH BAHASA INDONESIA

     


      SUMBER BAHASA INDONESIA
         KAPAN SEBENARNYA BAHASA MELAYU DIPERGUNAKAN SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI?
         BAHASA MELAYU MULAI DIPAKAI DI KAWASAN ASIA TENGGARA SEJAK ABAD KE-7.
         PRASASTI KEDUKAN BUKIT DI PALEMBANG, TAHUN 683 M
         PRASASTI TALANG TUO DI PALEMBANG, TAHUN 684 M
         PRASASTI KOTA KAPUR DI BANGKA BARAT, TAHUN 686 M
         PRASASTI KARANG BRAHI ANTARA JAMBI DAN SUNGAI MUSI, TAHUN 688 M, BERTULISKAN HURUF PRANAGARI, BERBAHASA MELAYU KUNO
         PRASASTI YANG BERBAHASA MELAYU KUNO TERDAPAT DI JAWA TENGAH (PRASASTI GANDASULI, TAHUN 832 M) DAN DI BOGOR (PRASASTI BOGOR, TAHUN 942 M). 

      lanjutan
         BAHASA PERHUBUNGAN ANTARSUKU DI NUSANTARA.
         BAHASA PERDAGANGAN TERHADAP PARA PEDAGANG YANG  DATANG DARI LUAR NUSANTARA.
         I-TSING, AHLI SEJARAH CINA YANG PERNAH SINGGAH DAN BELAJAR AGAMA BUDHA DI SRIWIJAYA MENYATAKAN BAHWA DI SRIWIJAYA ADA BAHASA YANG BERNAMA KOEN-LOUEN (I-TSING:63, 159), KOU-LUEN (I-TSING:183). KOUEN-LOUEN (FERRAND, 1919), KWENLUN (ALISJAHBANA, 1971:1089), KUNLUN (PARNIKEL, 1977:91), KUN-LUN (PRENTICE, 1978:19), YANG BERDAMPINGAN DENGAN SANSKERTA. YANG DI MAKSUD KOEN-LUEN ADALAH BAHASA PERHUBUNGAN (LINGUA FRANCA) DI KEPULAUAN NUSANTARA, YAITU BAHASA MELAYU.
         PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN BAHASA MELAYU SEMAKIN JELAS DALAM
     SASTRA (ABAD KE-16 DAN KE-17), SEPERTI SYAIR HAMZAH FANSURI, HIKAYAT RAJA-RAJA PASAI, SEJARAH MELAYU.
         COLLINS (1998) MENCATAT BAHWA BAHASA MELAYU PADA ABAD KE-16 MERUPAKAN BAHASA RESMI TULIS YANG DIGUNAKAN DI ISTANA-ISTANA DAN DALAM AGAMA. PADA SAAT YANG SAMA BAHASA MELAYU MERUPAKAN BAHASA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENJALANKAN TUGAS SEHARI-HARI, BAHASA PERDAGANGAN, DAN BAHASA INTERAKSI MASYARAKAT DI PASAR DAN PELABUHAN. BAHKAN BAHASA MELAYU MEMILIKI FUNGSI DAN KEDUDUKAN YANG LEBIH DIBANDINGKAN DENGAN BAHASA-BAHASA YANG ADA DI EROPA PADA WAKTU ITU.
     PERESMIAN NAMA BAHASA INDONESIA
         KATA INDONESIA PERTAMA KALI DILONTARKAN OLEH GEORGE SAMUEL EARL, KEBANGSAAN INGGRIS, DENGAN MENYEBUT INDUNESIA UNTUK MENAMAKAN GUGUSAN PULAU DI LAUTAN HINDIA. NAMUN, PARA ILMUWAN EROPA LEBIH SERING MENYEBUT DENGAN MELAYUNESIA.
         J.R. LOGAN, KEBANGSAAN INGGRIS, DALAM MAJALAH JOURNAL OF THE INDIAN ARCHIPELAGO AND EASTERN ASIA (VOLUME IV, P.254, 1850) MENYEBUT GUGUSAN PULAU DI LAUTAN HINDIA DENGAN INDONESIAN.
         ADOLF BASTIAN, KEBANGSAAN JERMAN, MENGGUNAKAN KATA INDONESIA DALAM BUKUNYA INDONESIAN ORDER DIE INSELN DES MALAYSICHEN ARCHIPEL, UNTUK MENAMAI PULAU YANG BERTEBARAN DI LAUTAN HINDIA.
         BAHASA INDONESIA LAHIR PADA TANGGAL 28 OKTOBER 1928. PARA PEMUDA MENGIKRARKAN (1) KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH INDONESIA, (2) KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENGAKU BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA, (3) KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.


     MENGAPA BAHASA MELAYU DI ANGKAT MENJADI BAHASA INDONESIA

          MELUASNYA PENGARUH AJARAN ISLAM OLEH PARA PENDAKWAH ARAB KEPADA MASYARAKAT DISEBABKAN KARENA PARA PENDAKWAH MEMANFAATKAN BAHASA MELAYU SEBAGAI LINGUA FRANCA DAN BAHASA DAKWAH DI KEPULAUAN NUSANTARA INI. BAHASA MELAYU MENJADI BAHASA PENGANTAR UTAMA ISLAM DI SELURUH KEPULAUAN NUSANTARA SEHINGGA PADA ABAD KEENAM BELAS BAHASA MELAYU TELAH BERJAYA MENJADI BAHASA SASTRA DAN AGAMA YANG LUHUR DAN SANGGUP MENGGULINGKAN KEDAULATAN BAHASA JAWA DALAM BIDANG INI (LIHAT SYED NAGUIB AL-ATTAS 1972:4142; BANDINGKAN COLLINS 1998). PEMILIHAN BAHASA MELAYU SEBAGAI BAHASA PENGANTAR KARENA DIANGGAP SESUAI DAN MAMPU MENJELASKAN KONSEP-KONSEP ISLAM DENGAN JELAS DAN MUDAH DIBANDINGKAN DENGAN BAHASA JAWA.
          BAHASA MELAYU SUDAH MERUPAKAN LINGUA FRANCA DI INDONESIA, BAHASA PERHUBUNGAN ANTARPULAU, ANTARSUKU, ANTARPEDAGANG, ANTARBANGSA, DAN ANTARKERAJAAN.
          SISTEM BAHASA MELAYU SEDERHANA, MUDAH DIPELAJARI KARENA DALAM BAHASA MELAYU TIDAK DIKENAL TINGKATAN BAHASA, SEPERTI DALAM BAHASA JAWA (NGOKO, KROMO) ATAU PERBEDAAN BAHASA KASAR DAN HALUS, SEPERTI DALAM BAHASA SUNDA (KASAR, LEMES).
          SUKU JAWA, SUNDA, DAN SUKU-SUKU YANG LAIN DENGAN SUKARELA MENERIMA BAHASA MELAYU MENJADI NAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL.
          BAHASA MELAYU MEMPUNYAI KESANGGUPAN UNTUK DIPAKAI SEBAGAI BAHASA KEBUDAYAAN DALAM ARTI YANG LUAS.


     PERISTIWA PENTING BERKAITAN DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA MELAYU/INDONESIA
          PADA TAHUN 1901 DISUSUN EJAAN RESMI BAHASA MELAYU OLEH CH.A. VAN OPHUIJSEN DAN DIMUAT DALAM KITAB LOGAT MELAYU.
          PADA TAHUN 1908 PEMERINTAH MENDIRIKAN SEBUAH BADAN PENERBIT BUKU-BUKU BACAAN YANG DIBERI NAMA COMMISSIE VOOR DE VOLKSLECTUUR (TAMAN BACAAN RAKYAT), YANG KEMUDIAN PADA TAHUN 1917 DIUBAH MENJADI BALAI PUSTAKA. BALAI PUSTAKA MENERBITKAN BUKU-BUKU NOVEL, PENUNTUN BERCOCOK TANAM, PENUNTUN MEMELIHARA KESEHATANYANG TIDAK SEDIKIT MEMBANTU PENYEBARAN BAHASA MELAYU DI KALANGAN MASYARAKAT LUAS
          TANGGAL 28 OKTOBER 1928 SAAT-SAAT YANG PALING MENENTUKAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA.
          PADA TAHUN 1933 SECARA RESMI BERDIRI SEBUAH ANGKATAN SASTRAWAN MUDA YANG MENAMAKAN DIRINYA PUJANGGA BARU YANG DIPIMPIN OLEH SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA DAN KAWAN-KAWAN.
          PADA TANGGAL 2528 JUNI 1938 DILANGSUNGKAN KONGRES BAHASA INDONESIA I DI SOLO. DARI HASIL KONGRES DI SOLO INI DAPAT DISIMPULKAN BAHWA USAHA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BAHASA INDONESIA TELAH DILAKUKAN SECARA SADAR OLEH CENDEKIAWAN DAN BUDAYAWAN KITA SAAT ITU.
          PADA TANGGAL 18 AGUSTUS 1945 DITANDATANGANI UNDANG-UNDANG DASAR 1945, YANG SALAH SATU PASALNYA (PASAL 36) MENETAPKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NEGARA.
          DLL
     FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM KEDUDUKANNYA SEBAGAI BAHASA NASIONAL
       LAMBANG KEBANGGAAN KEBANGSAAN
       LAMBANG IDENTITAS NASIONAL
       ALAT PERHUBUNGAN ANTARWARGA, ANTARBUDAYA
       ALAT YANG MEMUNGKINKAN PENYATUAN BERBAGAI-BAGAI SUKU BANGSA DENGAN LATAR BELAKANG SOSIAL BUDAYA DAN BAHASANYA MASING-MASING KE DALAM KESATUAN KEBANGSAAN INDONESIA.
     FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM KEDUDUKANNYA SEBAGAI BAHASA NEGARA
       SEBAGAI BAHASA RESMI KENEGARAAN
       BAHASA PENGANTAR DI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
       ALAT PERHUBUNGAN PADA TINGKAT NASIONAL UNTUK KEPENTINGAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN
       ALAT PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN, ILMU PENGETAHUAN, DAN TEKNOLOGI.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar