•
•
SUMBER BAHASA INDONESIA
•
KAPAN SEBENARNYA BAHASA MELAYU
DIPERGUNAKAN SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI?
•
BAHASA MELAYU MULAI DIPAKAI DI
KAWASAN ASIA TENGGARA SEJAK ABAD KE-7.
•
PRASASTI KEDUKAN BUKIT DI PALEMBANG,
TAHUN 683 M
•
PRASASTI TALANG TUO DI PALEMBANG,
TAHUN 684 M
•
PRASASTI KOTA KAPUR DI BANGKA BARAT,
TAHUN 686 M
•
PRASASTI KARANG BRAHI ANTARA JAMBI
DAN SUNGAI MUSI, TAHUN 688 M, BERTULISKAN HURUF PRANAGARI, BERBAHASA MELAYU
KUNO
•
PRASASTI YANG BERBAHASA MELAYU KUNO
TERDAPAT DI JAWA TENGAH (PRASASTI GANDASULI, TAHUN 832 M) DAN DI BOGOR
(PRASASTI BOGOR, TAHUN 942 M).
• lanjutan
•
BAHASA PERHUBUNGAN ANTARSUKU DI
NUSANTARA.
•
BAHASA PERDAGANGAN TERHADAP PARA
PEDAGANG YANG DATANG DARI LUAR NUSANTARA.
•
I-TSING, AHLI SEJARAH CINA YANG
PERNAH SINGGAH DAN BELAJAR AGAMA BUDHA DI SRIWIJAYA MENYATAKAN BAHWA DI
SRIWIJAYA ADA BAHASA YANG BERNAMA KOEN-LOUEN (I-TSING:63, 159), KOU-LUEN
(I-TSING:183). K’OUEN-LOUEN (FERRAND, 1919), KW’ENLUN (ALISJAHBANA,
1971:1089), KUN’LUN (PARNIKEL, 1977:91), K’UN-LUN (PRENTICE,
1978:19), YANG BERDAMPINGAN DENGAN SANSKERTA. YANG DI MAKSUD KOEN-LUEN ADALAH
BAHASA PERHUBUNGAN (LINGUA FRANCA) DI KEPULAUAN NUSANTARA, YAITU BAHASA
MELAYU.
•
PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN BAHASA
MELAYU SEMAKIN JELAS DALAM
SASTRA (ABAD KE-16 DAN KE-17), SEPERTI SYAIR HAMZAH FANSURI, HIKAYAT
RAJA-RAJA PASAI, SEJARAH MELAYU.
•
COLLINS (1998) MENCATAT BAHWA BAHASA
MELAYU PADA ABAD KE-16 MERUPAKAN BAHASA RESMI TULIS YANG DIGUNAKAN DI
ISTANA-ISTANA DAN DALAM AGAMA. PADA SAAT YANG SAMA BAHASA MELAYU MERUPAKAN
BAHASA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENJALANKAN TUGAS SEHARI-HARI, BAHASA PERDAGANGAN,
DAN BAHASA INTERAKSI MASYARAKAT DI PASAR DAN PELABUHAN. BAHKAN BAHASA MELAYU
MEMILIKI FUNGSI DAN KEDUDUKAN YANG LEBIH DIBANDINGKAN DENGAN BAHASA-BAHASA YANG
ADA DI EROPA PADA WAKTU ITU.
•
PERESMIAN NAMA BAHASA INDONESIA
•
KATA INDONESIA PERTAMA KALI
DILONTARKAN OLEH GEORGE SAMUEL EARL, KEBANGSAAN INGGRIS, DENGAN MENYEBUT “INDUNESIA” UNTUK MENAMAKAN GUGUSAN PULAU DI LAUTAN HINDIA. NAMUN, PARA ILMUWAN
EROPA LEBIH SERING MENYEBUT DENGAN “MELAYUNESIA”.
•
J.R. LOGAN, KEBANGSAAN INGGRIS, DALAM
MAJALAH JOURNAL OF THE INDIAN ARCHIPELAGO AND EASTERN ASIA (VOLUME IV,
P.254, 1850) MENYEBUT GUGUSAN PULAU DI LAUTAN HINDIA DENGAN INDONESIAN.
•
ADOLF BASTIAN, KEBANGSAAN JERMAN,
MENGGUNAKAN KATA INDONESIA DALAM BUKUNYA INDONESIAN ORDER DIE INSELN
DES MALAYSICHEN ARCHIPEL, UNTUK MENAMAI PULAU YANG BERTEBARAN DI LAUTAN
HINDIA.
•
BAHASA INDONESIA LAHIR PADA TANGGAL
28 OKTOBER 1928. PARA PEMUDA MENGIKRARKAN (1) KAMI PUTRA DAN PUTRI INDONESIA
MENGAKU BERTUMPAH DARAH YANG SATU, TANAH INDONESIA, (2) KAMI PUTRA DAN PUTRI
INDONESIA MENGAKU BERBANGSA YANG SATU, BANGSA INDONESIA, (3) KAMI PUTRA DAN
PUTRI INDONESIA MENJUNJUNG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.
•
MENGAPA BAHASA MELAYU DI ANGKAT
MENJADI BAHASA INDONESIA
•
MELUASNYA PENGARUH AJARAN ISLAM OLEH
PARA PENDAKWAH ARAB KEPADA MASYARAKAT DISEBABKAN KARENA PARA PENDAKWAH
MEMANFAATKAN BAHASA MELAYU SEBAGAI LINGUA FRANCA DAN BAHASA DAKWAH DI KEPULAUAN
NUSANTARA INI. BAHASA MELAYU MENJADI BAHASA PENGANTAR UTAMA ISLAM DI SELURUH
KEPULAUAN NUSANTARA SEHINGGA PADA ABAD KEENAM BELAS BAHASA MELAYU TELAH BERJAYA
MENJADI BAHASA SASTRA DAN AGAMA YANG LUHUR DAN SANGGUP MENGGULINGKAN KEDAULATAN
BAHASA JAWA DALAM BIDANG INI (LIHAT SYED NAGUIB AL-ATTAS 1972:41—42; BANDINGKAN COLLINS 1998). PEMILIHAN BAHASA
MELAYU SEBAGAI BAHASA PENGANTAR KARENA DIANGGAP SESUAI DAN MAMPU MENJELASKAN
KONSEP-KONSEP ISLAM DENGAN JELAS DAN MUDAH DIBANDINGKAN DENGAN BAHASA JAWA.
•
BAHASA MELAYU SUDAH MERUPAKAN LINGUA
FRANCA DI INDONESIA, BAHASA PERHUBUNGAN ANTARPULAU, ANTARSUKU,
ANTARPEDAGANG, ANTARBANGSA, DAN ANTARKERAJAAN.
•
SISTEM BAHASA MELAYU SEDERHANA, MUDAH
DIPELAJARI KARENA DALAM BAHASA MELAYU TIDAK DIKENAL TINGKATAN BAHASA, SEPERTI
DALAM BAHASA JAWA (NGOKO, KROMO) ATAU PERBEDAAN BAHASA KASAR DAN HALUS,
SEPERTI DALAM BAHASA SUNDA (KASAR, LEMES).
•
SUKU JAWA, SUNDA, DAN SUKU-SUKU YANG
LAIN DENGAN SUKARELA MENERIMA BAHASA MELAYU MENJADI NAHASA INDONESIA SEBAGAI
BAHASA NASIONAL.
•
BAHASA MELAYU MEMPUNYAI KESANGGUPAN
UNTUK DIPAKAI SEBAGAI BAHASA KEBUDAYAAN DALAM ARTI YANG LUAS.
•
PERISTIWA PENTING BERKAITAN DENGAN
PERKEMBANGAN BAHASA MELAYU/INDONESIA
•
PADA TAHUN 1901 DISUSUN EJAAN RESMI
BAHASA MELAYU OLEH CH.A. VAN OPHUIJSEN DAN DIMUAT DALAM KITAB LOGAT MELAYU.
•
PADA TAHUN 1908 PEMERINTAH MENDIRIKAN
SEBUAH BADAN PENERBIT BUKU-BUKU BACAAN YANG DIBERI NAMA COMMISSIE VOOR DE
VOLKSLECTUUR (TAMAN BACAAN RAKYAT), YANG KEMUDIAN PADA TAHUN 1917 DIUBAH
MENJADI BALAI PUSTAKA. BALAI PUSTAKA MENERBITKAN BUKU-BUKU NOVEL, PENUNTUN
BERCOCOK TANAM, PENUNTUN MEMELIHARA KESEHATAN—YANG TIDAK SEDIKIT MEMBANTU PENYEBARAN BAHASA MELAYU DI KALANGAN
MASYARAKAT LUAS
•
TANGGAL 28 OKTOBER 1928 SAAT-SAAT
YANG PALING MENENTUKAN DALAM PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA.
•
PADA TAHUN 1933 SECARA RESMI BERDIRI
SEBUAH ANGKATAN SASTRAWAN MUDA YANG MENAMAKAN DIRINYA PUJANGGA BARU YANG
DIPIMPIN OLEH SUTAN TAKDIR ALISYAHBANA DAN KAWAN-KAWAN.
•
PADA TANGGAL 25—28 JUNI 1938 DILANGSUNGKAN KONGRES
BAHASA INDONESIA I DI SOLO. DARI HASIL KONGRES DI SOLO INI DAPAT DISIMPULKAN
BAHWA USAHA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BAHASA INDONESIA TELAH DILAKUKAN SECARA
SADAR OLEH CENDEKIAWAN DAN BUDAYAWAN KITA SAAT ITU.
•
PADA TANGGAL 18 AGUSTUS 1945
DITANDATANGANI UNDANG-UNDANG DASAR 1945, YANG SALAH SATU PASALNYA (PASAL 36)
MENETAPKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NEGARA.
•
DLL
•
FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM
KEDUDUKANNYA SEBAGAI BAHASA NASIONAL
•
LAMBANG KEBANGGAAN KEBANGSAAN
•
LAMBANG IDENTITAS NASIONAL
•
ALAT PERHUBUNGAN ANTARWARGA,
ANTARBUDAYA
•
ALAT YANG MEMUNGKINKAN PENYATUAN
BERBAGAI-BAGAI SUKU BANGSA DENGAN LATAR BELAKANG SOSIAL BUDAYA DAN BAHASANYA
MASING-MASING KE DALAM KESATUAN KEBANGSAAN INDONESIA.
•
FUNGSI BAHASA INDONESIA DALAM
KEDUDUKANNYA SEBAGAI BAHASA NEGARA
•
SEBAGAI BAHASA RESMI KENEGARAAN
•
BAHASA PENGANTAR DI DALAM DUNIA
PENDIDIKAN
•
ALAT PERHUBUNGAN PADA TINGKAT
NASIONAL UNTUK KEPENTINGAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN
•
ALAT PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN, ILMU
PENGETAHUAN, DAN TEKNOLOGI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar